5 Cara Bijak Agar Si Kecil Nyaman Saat Hari Pertama Masuk Sekolah

Masuk sekolah guna yang kesatu kalinya ialah momen yang mendebarkan sekaligus ditunggu-tunggu, baik untuk orangtua maupun anak tersebut sendiri.

Akan tetapi, siasanya anak bakal rewel saat kesatu kali masuk sekolah. Nah, bagaimana teknik membuat si kecil nyaman ketika menjalani hari kesatu sekolah? Yuk ayo simak sejumlah tips berikut.


1. Tunjukkan dulu sekolah tersebut seperti apa

Supaya anak tidak merasa asing dengan lingkungan yang bakal dijalaninya, perkenalkan seluk-beluk tentang sekolah untuk si buah hati. Beberapa teknik yang dapat dipakai antara beda dengan menunjukkan sekian banyak  gambar lingkungan sekolah, menyuruh menonton video mengenai asyiknya pekerjaan di sekolah, mendendangkan lagu tentang senangnya bersekolah, membuat kisah sebelum istirahat dengan tema sekolah, dan lain-lain.

Setelah mengenalkan hal-hal tentang sekolah, terdapat baiknya ajak anak Anda guna berjalan-jalan mengitari lingkungan sekolah di mana si kecil bakal menuntut ilmu nantinya. Kunjungan dapat dilaksanakan mulai dari unsur halaman sekolah, ruangan kelas, sampai tempat berkumpul dan bermain dengan teman-teman sebaya.

2. Persiapkan bekal anak dengan baik

Satu urusan yang hendaknya tidak dilupakan oleh orangtua ialah mempersiapkan bekal guna si kecil dengan baik. Bekal bisa mengandung makanan dan minuman kesayangan anak supaya ia semakin semangat ketika masuk sekolah. Hal beda yang butuh diperhatikan ialah tempat penyimpanan makanan tersebut. Jangan hingga anak Anda kendala membuka wadah penyimpanan makanan sehingga memunculkan trauma dalam pikiran si kecil.

3. Antar anak di hari kesatu masuk sekolah

Setelah sekian banyak  persiapan sebelum masuk sekolah telah dilakukan, kini saatnya mengantar buah hati kita ke sekolah. Pada hari kesatu bersekolah, antar dan temani anak supaya ia tidak merasa ditinggalkan oleh orangtuanya.

Saat menemaninya bersekolah, terdapat kalanya Anda mesti “menghilang” sejumlah waktu dari pandangannya supaya anak terlatih guna tidak hanya ditemani orangtua pada hari-hari berikutnya. Bila anak rewel dan memaksa guna terus-terusan ditemani orangtua, tidak boleh menuruti kemauannya sebab nanti bakal menjadi kebiasaan. Beri definisi bahwa saat di sekolah, anak tidak dapat menempel dengan orangtua. Minta anak guna bermain dengan teman-teman dan gurunya saja.

4. Beri penghargaan

Apabila anak sukses menjalani hari kesatunya bersekolah dengan baik, berikan penghargaan kepadanya supaya si kecil semakin termotivasi dan kerasan di sekolah. Apresiasi bisa berupa pujian lisan, menandai tanggal kesatu bersekolah di kalendernya dengan gambar senyuman, mengajaknya jalan-jalan, dan lain-lain.

5. Bangun kerja sama dengan guru

Bagi anak yang memiliki situasi atau penyakit tertentu, komunikasikan urusan itu kepada pengajar di sekolah supaya si kecil mendapat perhatian khusus. Sebagai contoh, bilamana anak mempunyai penyakit asma, maka beri tahukan urusan itu kepada semua guru sampai-sampai anak bisa ditempatkan jauh dari penyampaian debu atau pendingin ruangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Bijak Agar Si Kecil Nyaman Saat Hari Pertama Masuk Sekolah"

Post a Comment