Waktu Yang Tepat Orangtua Melatih Anak Makan Pakai Sendok & Garpu

Memasuki umur 6 bulan, bayi telah boleh santap makanan beda di samping ASI. Ia dapat menikmati sari buah, bubur tim, atau biskuit bayi yang dilumatkan. Ketika menginjak fase ini, memang si kecil memerlukan orangtua atau pertolongan orang dewasa guna menyuapinya makanan. Namun, seiring meningkatnya usia, si kecil pun harus diajari memakai sendok dan garpu sendiri. Lantas, kapan masa-masa yang tepat guna mengajari anak santap pakai sendok?


Waktu yang tepat memperkenalkan anak santap pakai sendok dan garpu

Meski berantakan, mengajarkan anak santap sendiri tersebut penting. Selain mengajar kemandirian anak, Anda pun mengasah kemampuan dasar yang mesti dikuasai oleh si kecil, yakni memegang dan memasukkan makanan ke mulut. Meski sepertinya mudah, anak membutuhkan waktu yang lumayan lama guna mempelajari urusan ini.

“Sekitar umur 6 bulan, bayi sudah dapat menggenggam makanan di telapak tangan mereka, kemudian dibuntuti dengan keterampilan menjepit makanan dengan jarinya.”, jelas Eileen Behan, RD, LD, seorang penulis kitab berjudul The Baby Food Bible, seperti dikutip dari The Bump.

Pada usia itu bayi memang sudah dapat menggenggam sendok dan peralatan santap lainnya yang ringan. Namun, ia belum dapat menyendok makanan dengan benar. Kemungkinan besar ia melulu akan menggerakkan sendok plastik enteng ke atas ke bawah dengan sejumlah kali jatuh terlepas.

Ketika bayi menjangkau usia 13 atau 18 bulan, lazimnya anak-anak sudah dapat diajari santap sendiri dengan memakai sendok. Tiga bulan setelahnya, anak sudah dapat sangat mahir memakai sendok dan peralatan santap lainnya.

Beda dengan sendok, mengajar si kecil memakai garpu butuh perhatian ekstra. Kenapa? Garpu mempunyai ujung yang tajam dan dapat membahayakan bayi. Jadi, kita usahakan mengajar pemakaian garpu sesudah anak dapat menggunakan sendok dengan baik.

Tips mengajar anak santap pakai sendok dan garpu

Melatih anak memakai sendok butuh kesabaran. Mungkin anak berkali-kali menjatuhkan sendok, mencemari meja, atau menciptakan cucian menumpuk sebab bajunya yang kotor kena makanan. Beberapa urusan yang butuh Anda perhatikan saat mengajari anak gunakan sendok, antara lain:

1. Kenali tanda-tandanya

Perkembangan keterampilan motorik anak berbeda-beda. Ada yang cepat, ada pun pula yang lambat. Meski anak telah lebih dari satu tahun, tidak boleh memaksa anak andai ia belum siap. Anda mesti simaklah bagaimana respons anak dengan sendok, apakah ia tampak tertarik dan penasaran atau tidak.

2. Pilih sendok yang cocok untuk usianya

Orang dewasa tentu terbiasa memakai sendok atau garpu logam. Namun, kedua peralatan santap tersebut tidak sesuai jika dipakai si kecil guna latihan. Pilih sendok yang ringan, seringkali terbuat dari plastik dan bentuknya lebih kecil. Anda dapat memilih sendok yang ujungnya dilapisi karet sampai-sampai tidak gampang lepas dari tangan si kecil.

3. Tahu kapan anak mesti gunakan sendok atau garpu

Sendok dan garpu memiliki faedah yang berbeda. Sendok dipakai untuk memungut makanan yang ukurannya lumayan kecil atau berair, laksana sup, nasi, bubur, yogurt, atau puding. Sementara garpu dipakai untuk memungut makanan yang lumayan licin atau lebih besar, contohnya potongan buah, pasta, atau mie.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waktu Yang Tepat Orangtua Melatih Anak Makan Pakai Sendok & Garpu"

Post a Comment