5 Cara Pintar Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan Sejak Dini

Anak bakal belajar segala urusan kesatu kalinya dari orangtua. Salah satu urusan yang mesti diajarkan semenjak dini ialah masalah keuangan. Tak melulu mengenalkan duit pada anak, Anda pun perlu mengajarkan anak mengenai bagaimana menata uang dengan baik, dari mana duit berasal dan guna menghemat duit tersebut.


Tips mengajarkan anak menata keuangan

1. Beri tahu dari mana duit berasal

Tanyalah pada anak kita dari mana duit berasal, barangkali ia akan membalas dari bank, ayah dan ibu, presiden, atau orang kaya.

Anak belum memahami sepenuhnya bahwa family Anda melakukan pembelian atau menemukan sesuatu dengan bekerja. Maka itu, Anda dapat memberi tahu si kecil ada tidak sedikit pekerjaan yang bisa menghasilkan uang. Tekankan padanya bahwa ia tidak dapat mendapatkan duit dengan gratis tanpa bekerja.

Sebagai orangtua, Anda dapat melatihnya mengenal ‘pekerjaan’ dan menghasilkan duit dengan teknik memintanya untuk menolong pekerjaan lokasi tinggal yang ringan. Misalnya, menolong Anda menciptakan kue atau cokelat dan lantas menjualnya.

Dengan begitu, si kecil akan memahami dari mana duit berasal dan mesti mengerjakan suatu kegiatan dulu bila hendak mendapatkannya.

2. Buat permainan jual beli

Ajak anak bermain jual beli laksana dalam suatu toko atau pasar. Tempelkan label harga pada barang-barang lokasi tinggal tangga, berikan si kecil duit belanja, dan berpura-pura melakukan pembelian barang di toko rekayasa ini.

Anak Anda bisa membuat susunan hal-hal yang hendak dibeli dengan dana yang ia miliki. Memilih dagangan yang dipasarkan dan menghitung jumlah belanjanya.

Untuk melatih kemampuan berhitungnya, beri ia peluang untuk menjadi kasir. Saat ia telah mulai cerdas dalam hal menata pengeluaran, Anda dapat memberikan peluang pada si kecil untuk melakukan pembelian barang di toko yang sebenarnya.

3. Buatkan simpanan khusus

Menyisihkan duit untuk kebutuhan anak ialah keharusan. Uang yang Anda pisahkan untuk anak Anda dapat dibuat menjadi simpanan untuk anak Anda.

Saat simpanan untuk anak Anda telah mulai terkumpul, Anda dapat mengajak si kecil ke bank. Beri tahu padanya jumlah tabungannya ketika ini, tanyakan apakah ia hendak mengambil seluruhnya atau ditabung sebagian guna keperluannya ketika dewasa nanti.

Berikan dalil mengapa ia butuh menyimpan tabungannya, atau butuh diambil.

4. Biasakan si kecil guna menyisihkan uangnya

Nah, tahapan berikutnya ialah membiasakan si kecil menabung. Anda dapat mulai dengan teknik memberikannya celengan lucu dan meminta si kecil guna menyisihkan duit jajannya.

Ingatkan si kecil masing-masing hari untuk menyimpan uang di celengannya tersebut. Bila sudah sarat atau banyak, Anda dapat memberikan si kecil reward atau hadiah sebab ia sudah dapat menabung.

Anda dapat membelikan barang kesukaannya yang tentu berfungsi dari simpanan yang sudah terkumpul itu. Dengan begitu, si kecil bakal mendapatkan guna menabung semenjak kecil.

5. Kenalkan mana yang disebut keperluan dan keinginan

Anak Anda barangkali sering mohon belikan mainan atau sepeda baru, atau hal-hal beda yang diinginkan. Kenalkan padanya mana yang disebut keperluan yang mesti dibeli dan mana yang adalahkeinginan.

Anda dapat menuliskan kepadanya bahwa kebutuhan ialah sesuatu yang mesti dipunyai untuk bertahan hidup, laksana makanan, air, dan lokasi tinggal. Jelaskan pun bahwa keinginan ialah sesuatu yang hendak ia miliki.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Pintar Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan Sejak Dini"

Post a Comment