10 Fakta Unik yang Jarang Diketahui Seputar Bayi Baru Lahir Yang Perlu Anda Tahu

Di balik tubuh mungil, wajah menggemaskan, dan kulitnya yang lembut, terdapat segudang kenyataan menarik yang jarang diketahui tidak sedikit orang mengenai bayi baru bermunculan — barangkali ibunya sendiri pun belum mengetahuinya. Apa sajakah itu?


Ketika baru lahir, bayi menangis tanpa menerbitkan air mata

Bayi baru bermunculan tidak memproduksi air mata sampai berusia sejumlah minggu. Hal ini terjadi lantaran kelenjar air matanya belum benar-benar berkembang dengan sempurna. Setelah berumur selama 2-3 bulan barulah bayi menangis dengan disertai linangan air mata. Sebab di usia tersebut produksi air mata bayi semakin meningkat.

Bayi baru bermunculan mempunyai tanda lahir

Umumnya masing-masing bayi baru bermunculan mempunyai minimal satu tanda lahir. Ini bukanlah kelainan, namun memang normal. Sekitar 80 persen bayi dicetuskan dengan mempunyai tanda lahir. Tanda bermunculan terjadi ketika pembuluh darah kecil di bawah kulit melebar ketika persalinan. Tanda lahir hadir dalam sekian banyak  bentuk, warna, dan ukuran. Biasanya tanda bermunculan ini bakal menghilang dengan sendirinya ketika anak berusia tiga tahun. Namun sejumlah tanda lahir bakal menetap, bahkan melebar.

Bayi baru bermunculan mempunyai 300 tulang

Tidak laksana orang dewasa, jumlah tulang bayi ketika baru lahir sejumlah 300. Tapi seiring meningkatnya usia, jumlah tulang berkurang menjadi 206 lantaran sejumlah tulang sudah menyatu. Misalnya, tengkorak bayi memiliki sejumlah tulang empuk yang saling tumpang tindih selama mencetuskan untuk mempermudah bayi terbit dari vagina ibu. Sebelum tengkorak tumbuh sepenuhnya, itu melulu area yang licin dan sensitif.

Bayi baru bermunculan tidak mempunyai tempurung lutut

Bayi bermunculan tanpa mempunyai tempurung lutut. Bayi melulu memilki tulang rawan (kartilago) pada lututnya sebelum kesudahannya tulang tempurung lutut benar-benar hadir di umur enam bulan.

Bayi baru lahir telah dapat mendengar, menghirup dan menyaksikan dengan baik

Saat baru lahir, keterampilan mendengar bayi belum sempurna, sebab telinga tengahnya masih terisi cairan, yang tidak banyak mengganggu pendengaran. Namun bayi dapat mengenali suara ibunya, suara yang tidak jarang kali didengarnya sangat jelas ketika bayi masih berada dalam kandungan. Oleh sebab itu, bayi merespon lebih baik suara ibunya dibanding suara orang lain. Bayi baru bermunculan yang tertidur pun bisa mengenali suara ibunya melulu satu kata, dan dapat menggiatkan otak yang bersangkutan dengan keterampilan bahasanya.

Bahkan penciumannya pun bakal meningkat pada etape ini. Tapi penglihatannya tidak terlampau baik. Bayi yang baru lahir merasakan rabun jauh. Bayi baru dapat menyaksikan benda atau apapun dalam jarak 8 hingga 12 inci darinya. Hal ini diakibatkan karena benak bayi tidak dapat memproses informasi selama 8 hingga 15 inci. Otak bayi berisi selama 100 miliar neuron, itulah sebabnya mereka menyimak semua yang terdapat disekelilingnya. Dibutuhkan sejumlah minggu supaya bayi memisahkan secara visual antara ibunya dan orang dewasa lainnya.

Bayi baru bermunculan mengenali lagu yang didengar ketika masih dalam kandungan

Bayi bisa mengenali lagu yang didengar ketika di dalam rahim hingga empat bulan sesudah kelahiran. Oleh sebab itu, ketika bayi sedang rewel dapat dicoba menyerahkan lagu-lagu yang biasa didengar ketika hamil, karena dapat saja menciptakan bayi lebih tenang.

Bayi baru bermunculan memasukkan apapun ke dalam mulut

Bayi baru bermunculan terkadang memasukkan jari ke mulutnya. Beberapa bulan kemudian, saat sudah dapat memegang benda, bayi pun ingin memasukkan segala benda ke mulutnya. Penelitian di Prancis mengindikasikan bayi yang baru bermunculan memang mempunyai naluri untuk menempatkan segala sesuatu di mulut mereka sebagai unsur dari upaya bertahan hidup. Karena memasukkan sesuatu ke mulut ditafsirkan sebagai keterampilan untuk dapat makan.

Bayi laki-laki baru bermunculan mempunyai payudara dan merasakan ereksi

Bayi laki-laki bermunculan dengan payudara yang tidak banyak membengkak. Ini disebabkan bayi menerima asupan hormon wanita dari plasenta sebelum kelahiran. Hal ini pun terjadi pada bayi wanita baru lahir.

Ereksi juga dapat dialami bayi laki-laki, yang lazimnya terjadi sebelum mereka buang air kecil. Sementara tersebut testis bayi baru lahir biasanya sulit dirasakan, urusan ini sebab otot yang melekat pada testis menariknya ke dalam pangkal paha dengan cepat ketika area genitalnya disentuh atau sebab udara dingin

Bayi baru lahir bakal kehilangan rambut

Saat lahir, semua kulit tubuh bayi ditumbuhi rambut-rambut halus, yang dinamakan lanugo. Rambut-rambut bakal rontok secara perlahan, sampai-sampai sering kali tidak disadari. Lanugo bakal benar-benar menghilang tidak lama kemudian.

Bayi baru bermunculan memilki feses kesatu yang berwarna hitam kehijauan

Feses kesatu bayi terdiri dari zat lengket gelap yang dinamakan mekonium. Feses kesatu bayi diproduksi bayi baru bermunculan di dua hari kesatu hidupnya. Jangan khawatir andai warnanya hijau tua kehitaman. Lama kelamaan warna hijau tua mekonium bakal berubah jadi hijau kecokelatan, lalu pulang menjadi kuning dengan tekstur yang lebih padat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Fakta Unik yang Jarang Diketahui Seputar Bayi Baru Lahir Yang Perlu Anda Tahu"

Post a Comment