4 Cara Jitu Memberi Obat Untuk Anak Yang Tidak Menyukai Obat

Memberikan obat bikin anak dapat jadi satu tugas mahasulit buat semua orangtua karena rasa obat yang rata-rata pahit di lidah mudah membuatnya rewel. Bahkan sejumlah anak sulit minum obat hingga harus melepehkannya. Jangan keburu emosi dulu. Baiknya jajaki cara-cara ini supaya anak inginkan minum obat tanpa merengek agar cepat sembuh.


Anak sulit minum obat? Coba siasati dengan…

1. Pilih obat sirup

Buat anak, usahakan berikan obat yang berbentuk cair sebab rasanya lebih manis dan gampang ditelan daripada tablet atau kapsul. Jangan tak sempat sediakan segelas air putih dan biskuit guna membilas rasa obat yang masih menempel di lidah.

Jika obatnya melulu tersedia dalam format tablet, usahakan tanyakan dulu ke dokter apakah boleh digerus dan dilarutkan dengan air supaya lebih gampang diminum oleh anak. Beberapa obat tablet dan kapsul jangan dihancurkan guna mengawal khasiatnya tetap optimal.

2. Gunakan pipet

Beberapa obat telah dilengkapi dengan pipet khusus guna menakar takaran sekaligus meneteskan obatnya. Dengan perangkat ini, obat yang dimasukkan ke mulut jadi lebih dekat dengan tenggorokan sampai-sampai anak inginkan tidak inginkan langsung menelan obatnya.

Biasanya perangkat ini dipakai untuk bayi dan anak-anak yang lebih muda.

3. Dudukkan anak ketika memberi obat

Agar anak dapat menelan obat tanpa hambatan, pastikan ia duduk tegak begitu kita akan menyerahkan dosisnya. Posisi badan yang terlalu oleng atau condong dapat membuatnya tersedak dan melepehkan obatnya dari mulut.

Anda dapat juga mengganjal punggungnya dengan bantal supaya posisi duduknya dapat lebih tegak, baru beri si kecil obat.

4. Campur obat dengan makanan atau minuman

Jika anak memang tidak inginkan minum obat, siasat terakhir yang dapat Anda lakukan ialah mencampur obat dengan makanan.

Umumnya obat tablet atau kapsul dapat Anda selipkan dalam pisang atau nasi. Namun untuk membaur obat dengan susu, teh, jus, atau makanan cair lainnya (misalnya sup) usahakan konsultasi dulu dengan dokter tentang boleh tidaknya.

Ada sejumlah jenis obat yang jangan diminum bareng teh atau susu sebab takut berinteraksi dan mengakibatkan risiko efek samping tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Jitu Memberi Obat Untuk Anak Yang Tidak Menyukai Obat"

Post a Comment