Tips Berkomunikasi Yang Tepat Dengan Bayi Berusia 4-7 Bulan

Suara dan ekspresi bayi terus menerus berkembang dengan banyaknya senyuman, tawa, dan ocehan. Bayi Anda pun dapat mengekor suara, yang adalahsebuah keterampilan penting guna belajar berbicara.


Bayi pada usia ini mulai bereksperimen dengan suara yang bisa mereka buat. Bayi kita akan menguras waktu mengupayakan untuk bercakap dan belajar mengekor suara. Jangan salah, urusan ini ialah langkah mula bagi bayi kita untuk berkata dan kita usahakan mendukungnya sebisa mungkin.

Jika kita mendengar dengan saksama, Anda bakal mendengar nada suara bayi kita naik atau turun laksana menanyakan pertanyaan atau menciptakan pernyataan. Bayi Anda bakal terbiasa memakai suara (di samping tangisan) guna mendapatkan perhatian kita dan mengekspresikan perasaannya.

Bayi Anda bakal mulai paham mengenai dasar komunikasi memakai bahasa. Saat masih kecil, bayi Anda memahami makna dari nada suara Anda: suara mendinginkan berarti menenangkan, suara gelisah mengumumkan bayi kita bahwa terdapat sesuatu yang salah.

Sekarang, bayi Anda bakal mulai memilih komponen teknik bicara kita dan bisa mendengar dan memahami perbedaan suara yang Anda bikin dan ucapan-ucapan untuk menciptakan kalimat. Dalam periode ini, bayi bakal belajar merespon nama mereka, mereka barangkali akan terdiam saat mereka mendengar kata “tidak”, dan bakal mulai menghubungkan kata dengan objek yang familiar.

Apa yang butuh saya lakukan?

Bayi pada usia ini sangat merasakan permainan dan interaksi vokal. Bayi Anda bakal merasa senang saat Anda mengekor gumaman dan celotehnya. Ikuti suara “bah” dan “guh” yang dibacakan bayi dan ikuti dengan menyampaikan kata simpel dengan nada suara yang sama.

Mulailah “percakapan” dan tunggu celoteh bayi guna mendapatkan “jawaban”. Diskusi ini adalahlangkah mula untuk mengajarkan bayi kata kesatu dan pembicaraan awalnya. Tanya bayi kita pertanyaan, dan tanggapi dengan hendak sekali apapun jawaban yang bayi kita ucapkan.

Perkenalkan bayi dengan ucapan-ucapan yang simpel yang bersangkutan dengan kehidupan sehari-hari. Nama orang yang familiar, benda, dan aktivitas. Bayi memahami kata sebelum mereka bisa mengucapkannya, jadi pakai kata dan kurangi memakai “bahasa bayi”.

Saat Anda berkata dengan bayi Anda, lambatkan pelafalan kita dan berikan penekanan pada masing-masing katanya – contohnya, katakan: “Apakah anda mau mainan? Ini mainanmu,” ketika Anda mengindikasikan mainan padanya. Lalu tunggu tanggapannya. Berbicara lantas diam untuk menantikan jawaba bisa mengajari bayi guna bahwa ini waktunya ia menjawab, sekaligus mengajarkan bahwa pembicaraan itu dilaksanakan secara bergantian.

Apakah saya butuh khawatir?

Pada akhir 7 bulan, bayi biasanya:

Dapat menanggapi nama mereka
Dapat merespon suara yang mereka buat
Dapat mengulang konsonan
Dapat mengekor suara yang kita buat

Ingatlah bahwa apa yang sudah dapat dilakukan di umur ini paling berbeda-beda pada masing-masing bayi. Jika Anda cemas tentang pertumbuhan bahasa bayi Anda, Anda bisa berkonsultasikan dengan dokter Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Berkomunikasi Yang Tepat Dengan Bayi Berusia 4-7 Bulan"

Post a Comment